Kamis, 26 Januari 2017

Cara Memasang Bridge di Biola

Hai guys,

Kali ini aku mau membahas soal Bridge di biola.
Ketika pertama beli biola, ada beberapa toko yang sudah memasang nya untuk kita.
Jika beli dari online, terkadang biola nya belum dipasangin bridge nya jadi harus pasang sendiri.
Ini adalah cara yang paling mudah memasang bridge.

Bridge itu yang mana ya???
Bridge itu semacam yang penyangga untuk senar-senar biola.
Sumber: images.google.com
Bridge yang bagus dan kebanyakan bridge itu miring gitu (kalo biola nya agak murahan biasa nya bridge nya lebih ga miring, ini mengakibatkan kalo main biola, gampang kena senar yang lain kalo lagi main suatu senar)
Bridge nya kan ngarah ke miring, posisi paling miring dan turun sampe ke yg ujung lain itu E-A-D-G.
Dan senar E (yang paling tipis dan kecil) lokasi nya itu paling kanan di biola dan seterusnya.

Dari atas ke bawah senar nya E-A-D-G
Ini lokasi penempatan bridge yang benar

 Cara liat nya itu dari lubang F nya, di lubang f nya ada 2 tanda, yang atas dan bawah, yang bawah nya itu untung garis ujung nya bridge.


Cara mudah untuk memasang bridge nya adalah dengan memberi tanda, aku bikin nya dengan kertas digunting lurus dan ujung nya ditempelin double tape yang tidak terlalu nempel kenceng banget biar ga berbekas di biola nya.

Kemudian aku tempelin kedua ujung nya tepat dibawah tanda yg ada di lubang f nya. Oiya btw aku praktekin ini di biola aku yang udah lama dan ga kepake (Gillmore v150 2/4) dan senar nya putus yang e nya jadi jangan bingung ya kenapa senar nya cuma 3 wkkw.

Sama sebelum dipasang bridge nya, kendorkan senar nya dulu. Tapi jangan sampe terlalu kendor. Secukup nya saja sampe bisa dimasuki bridge.




Pastikan kaki bridge nya tidak ada bagian yg setengah berdiri

Bridge nya berdiri dengan benar
Btw, kalian sambil pasang bridge nya, sambil agak dikencengin senar nya ya distem dikit tapi ga usah terlalu distem.

Kalau yang dibawah ini adalah contoh bridge yang setengah berdiri jadi nya salah. Pastikan bridge kalian tidak berdiri seperti dibawah ini.
Contoh bridge yang salah
Kemudian, pastikan bridge nya ga miring, agak sejajar seperti tanda yang merah yang dibuat di gambar dibawah ini.

Yang benar
Ini adalah salah satu contoh pemasangan bridge yang sangat salah

Sebelum distem biola nya, pastikan senar nya mempunyai jarak yang lumayan sama antara senar satu dengan yang lain nya. Kalau blm ada tanda yang sedikit masuk di bridge kalian, bisa menggunakan cara dengan menaru jari kita untuk melihat diantara setiap senar sama tidak.


Yang terakhir, kita bisa ngesetem/ngestem biola kita agar nada nya pas dan tidak fales. Oh iya, jangan lupa juga buat copotin kertas yang kita tempel untuk tanda nya.





Terima Kasih sudah membaca, kalau ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya di bagian comment di bawah ini. :D


Best regards,
Charolatte


























12 komentar:

  1. makasih ya tips nya sis sangat membantu newbie kaya aku :)

    BalasHapus
  2. mau tanya gan, jarak antara papan jari dan senar berapa milimeter ya pada bagian ujung yg dekat bridge..biar bisa diamplas ujung bridge biola saya yang ketinggian.
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk biola ku sekitar 5,7mm jarak antara finger board nya ke bridge.

      Hapus
  3. sis mau nanya, saya sempat lama nyimpan biolanya. Alhasil penyangga didalamnya lepas. Apa itu bisa mempengaruhi bunyi biola? Thanks b4 yaa

    BalasHapus
  4. Kalau disimpan di tempat lama gitu tergantung lokasi simpan nya, biola ga boleh ditaruh ditemat yang terlalu panas ataupun dingin atau lembab.

    BalasHapus
  5. Kalau beli bridge baru, dia kan perlu fitting dulu ya, disesuaikan bentuknya sama biola. Nah, tempat buat fitting bridge di mana ya?

    BalasHapus
  6. Min mau nanya bride saya ga rata pada bagian atasnya, apa yang harus saya lakukan?apakah saya harus meratakannya? Atau tidak apa apa walupun tidak rata?

    BalasHapus
  7. Min saya mau nanya,bridge biola saya ga miring, trus saya mau buat agar dia miring. Cara dapat acuan kemiringan biola darimana ya min

    BalasHapus